Penyedot Debu Terbaik 2021

Berbagai jenis penyedot debu

Teknologi penyedot debu telah berkembang sepanjang tahun. Kami tidak akan membahas mengenai semua jenis penyedot debu lama yang telah digunakan di masa lalu, tetapi sebaliknya, kami akan fokus pada 5 jenis penyedot debu utama yang digunakan hari ini.

Penyedot Debu Tabung

Penyedot debu tabung, juga biasa disebut oleh kebanyakan orang sebagai “penyedot debu klasik”. Penyedot debu ini dapat menyimpan mesin, filter, dan dustbin penyedot debu dalam satu tabung yang biasanya menggelinding di lantai. Dari tabung, lalu pipa fleksibel yang memanjang, berakhir dengan tongkat, dan mulut penyedot yang berbeda-beda. Tongkat ini sangat berguna dalam membersihkan permukaan yang berbeda dan dapat mengakses berbagai tempat di rumah Anda yang sulit dijangkau. Penyedot debu tabung biasanya lebih kuat daripada kebanyakan jenis penyedot debu lain, oleh karena itu penyedot debu ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kebanyakan orang.

Penyedot Debu Genggam

Penyedot debu genggam adalah jenis lama dan “klasik” lainnya yang masih digunakan sampai sekarang. Jauh lebih kecil, lebih ringan, dan lebih lemah, dengan kantong debu yang lebih kecil, penyedot debu ini dimaksudkan untuk tempat dan permukaan yang tidak dapat dijangkau oleh penyedot debu tabung. Meja dapur, interior mobil, tempat tidur, dll. adalah tempat-tempat terbaik dimana penyedot debu genggam sangat berguna.

Penyedot Debu Tegak

Alternatif yang lebih modern untuk model tabung adalah penyedot debu genggam, bekerja pada prinsip yang sama, namun ada satu pembeda utama yaitu – semua bagian dalam (seperti mesin, filter, dll.) yang biasanya ditempatkan di dalam tabung, melekat pada tongkat itu sendiri seperti “perut”. Sangat populer di AS dan Eropa Barat, penyedot debu tegak biasanya cukup kuat dan nyaman digunakan. Satu-satunya kelemahan yang dimiliki adalah penyedot debu ini lebih sulit mencapai ruang yang lebih sempit karena semua bagian dalamnya melekat pada tongkat.

Penyedot Debu Stick

Penyedot debu stick adalah alternatif yang jauh lebih lemah dari penyedot debu tegak dan tabung, tetapi penyedot debu ini tetap dapat menjalankan perannya sebagai penyedot debu. Pada dasarnya, penyedot debu stick melakukan tugas yang model tegak tidak bisa lakukan – penyedot debu ini dapat mencapai ruang yang lebih sempit, seperti di bawah sofa atau tempat tidur. Namun, jika Anda sudah memiliki penyedot debu tabung, membeli penyedot debu stick ini kurang diperlukan karena tongkat penyedot debu tabung sekecil penyedot debu stick.

RoboVac / Robot Vacum

Terakhir, robot penyedot debu atau “RoboVacs” yang terus mendaki skala popularitas akhir-akhir ini. Penyedot debu ini tidak terlalu kuat dan memiliki tempat debu yang lebih kecil, tetapi penyedot debu ini memiliki perangkat lunak rumit yang memungkinkan mereka untuk membersihkan lantai sendiri. Perangkat lunak “pemetaan” ini memungkinkan RoboVac mempelajari tata letak rumah Anda dengan menjelajahi dan menabrak berbagai hal. Akhirnya, RoboVac akan mencari tahu setiap sudut dan tepi rumah Anda dan memprogram rute yang paling efektif di sekitarnya.

Kelemahan dari RoboVacs adalah – kurang efektif, tidak dapat membersihkan permukaan yang lebih tinggi seperti sofa dan tempat tidur, kurang hemat energi, perlu sering mengisi ulang baterai, perlu lebih sering mengosongkan dustbinnya, dan jika Anda memiliki hewan peliharaan, mereka dapat menghalangi operasi RoboVac. Meskipun dengan semua kekurangan ini, RoboVac masih menjadi alat yang cerdik dan sangat berguna bagi sebagian besar rumah tangga karena mereka dapat banyak mengurangi kebutuhan menyedot debu secara manual.

Apa yang harus saya pertimbangkan ketika membeli penyedot debu?

Memilih penyedot debu terbaik untuk rumah Anda adalah tentang memilih jenis dan fitur yang sesuai untuk Anda. Selain hanya mencari kualitas (yang merupakan suatu keharusan), Anda juga harus selalu memberi perhatian ekstra pada apa yang ditawarkan masing-masing model dan apa yang Anda butuh kan.

Jenis

Kelima jenis di atas jelas berbeda satu sama lain dan memiliki cara membersihkan rumah yang berbeda pula. Kelima penyedot debu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting memilih yang tepat untuk Anda.

Kapasitas

Kapasitas penyedot debu jarang menjadi isu, tetapi ini merupakan hal yang cukup vital dalam banyak kasus. Jika Anda memiliki rumah yang lebih besar atau berukuran sedang, Anda mungkin akan terkejut ketika Anda terkadang perlu mengosongkan kantong penyedot debu atau dustbin di tengah-tengah proses membersihkan rumah menggunakan penyedot debu. Memilih penyedot debu dengan kapasitas yang cukup besar dapat menghilangkan masalah ini.

Penyedot

Bisa dibilang fitur yang paling penting dari penyedot debu adalah seberapa baik vakum atau “penyedot”nya. Di permukaan datar, biasanya tidak terlalu berpengaruh karena cukup menggunakan penyedot yang lebih ringan. Namun, terutama, jika Anda ingin menyedot karpet, permadani, atau sofa, penyedot yang lebih kuat sanggatlah penting.

Usia pakai (seberapa lama penyedot debu dapat berfungsi dengan baik)

Faktor lain yang sering diabaikan (atau disalahartikan oleh pabrik-pabrik) adalah usia pakai penyedot debu. Salah satu pilihan utama yang tidak boleh Anda lewati adalah memastikan bahwa penyedot debu Anda akan bertahan selama bertahun-tahun dengan sedikit atau tanpa masalah teknis.

Fitur tambahan yang mungkin berguna

Ada banyak fitur lain yang harus dicari, dan tentu saja, masing-masing memiliki tingkat kegunaan yang berbeda-beda:

  • Penyaring. Penyedot debu yang berbeda menggunakan filter udara berbeda pula. Semakin rumit sistem penyaringan dalam penyedot debu, semakin baik kualitas udara di rumah Anda.
  • Kantong debu vs dustbin. Banyak model penyedot debu bekerja menggunakan kantong debu sekali pakai yang bisa menjadi pengeluaran dan sumber cukup mengganggu yang harus dihadapi. Maka, penyedot debu dustbin biasa menjadi pilihan yang jauh lebih praktis.
  • Efisiensi energi. Sebagian besar penyedot debu modern relatif efisien dalam hal konsumsi listriknya. Namun, jenis RoboVac adalah pengecualian karena jenis ini menghabiskan baterainya dengan sangat cepat.
  • Biaya dan garansi. Ini merupakan hal yang cukup jelas, dimana – semakin rendah biaya dan semakin lama garansi, maka semakin baik.

Seperti yang Anda lihat, kelima jenis penyedot debu tersebut memiliki kegunaannya masing-masing sehingga memilih “Penyedot debu terbaik” bisa menjadi hal yang rumit. Sebagian besar rumah tangga menggunakan kombinasi penyedot debu tabung, genggam, dan robot; atau kombinasi penyedot debu tegak (upright), tongkat, genggam, dan robot. Opsi apa pun yang Anda pilih, selama Anda memilih kualitas dan mempertimbangkan semua preferensi Anda, Anda akan puas dengan hasil akhirnya.

Back to top button
Close