Hard Drive Eksternal Terbaik 2021

Berbagai macam tipe hard drive eksternal

Hard drive eksternal dapat dibedakan menjadi dua atau empat kategori. Dua tipe utama adalah hard drive desktop dan portabel. Tipe desktp juga dapat dibedakan lagi menjadi hard drive desktop standar and jaringan, dan hard drive portabel – dibagi menjadi hard drive standar dan hard drive aman/terenkripsi.

Hard drive eksternal desktop

Dimaksudkan untuk disimpan di tempat yang sama, hard drive eksternal desktop biasanya menawarkan kapasitas, umur pakai yang panjang, dan kecepatan yang luar biasa. Hard drive eksternal desktop dapat memiliki antarmuka berberbeda seperti USB, e-SATA, dan firewire. Pastikan Anda menggunakan setidaknya USB 2.0 atau bahkan 3.1/3,2 untuk konektifitas yang lebih baik.

Dalam hal berapa banyak perangkat yang dimaksudkan untuk dapat diakses dalam waktu yang sama, hard drive desktop dapat dianggap sebagai hard drive standar/singular atau hard drive jaringan. Fungsi hard drive standar dimaksudkan untuk berfungsi sebagai titikpusat jaringan komputer.

Hard drive eksternal portabel

Hard drive eksternal ini dibuat untuk menyesuaikan kapasitas, kecepatan, dan umur pakai yang panjang dengan desain yang lebih ringkas dan portabel. Hard drive eksternal sangat sempurna bagi orang yang tidak hanya ingin menyimpan dan mencadangkan data mereka tetapi juga membawanya kemana-mana.

Daya tahan sangatlah penting untuk hard drive ini karena harus aman dari kerusakan eksternal dan elemen-elemen lain yang dapat mengenainya secara fisik. Selain itu, beberapa model hard drive terenkripsi/portabel aman sering terdaftar sesuai tipenya sendiri. Tujuannya cukup jelas – untuk tidak hanya membawa tetapi juga melindungi data Anda jika Anda kehilangan hard drive Anda sewaktu-waktu.

Apa yang harus saya cari ketika membeli hard drive eksternal?

Dengan memperhatikan tipe-tipe utama hard drive eksternal yang cukup serupa satu sama lain, apa karakteristik utama yang harus Anda cari ketika memilih salah satu di antara mereka? Ada banyak hal yang harus diperhatikan, tetapi berikut ini beberapa hal terpenting yang harus diperhatikan:

Kapasitas

Memperoleh hard drive eksternal berkapasitas rendah kurang lebih tidak akan ada gunanya. Pada akhirnya, meskipun Anda mengira bahwa Anda tidak akan memiliki informasi yang banyak untuk disimpan di dalamnya, masalahnya hard drive eksternal akan memberi Anda pilihan tersebut pada tahun-tahun mendatang. Hard drive eksternal dapat memiliki kapasitas hingga berlipat-lipat terabyte untuk setiap perangkat dengan hard drive eksternal yang ada saat ini berkapasitas 5 TB.

Umur pakai

Umur rata-rata kebanyakan hard drive eksternal tanpa kerusakan eksternal adalah sekitar 3 sampai 5 tahun. Jika anda berhati-hati dan beruntung, hard drive eksternal desktop dapat bertahan lebih lama dari itu tetapi jika Anda menyimpan sesuatu yang sensitif di dalamnya, sangatlah pintar jika menggantinya sekali setiap 3 atau 5 tahun.

Keamanan

Terutama untuk hard drive eksternal portabel, memastikan keadaan perangkat tersebut aman dan terlindung cukup penting. Meskipun semua data yang Anda simpan di dalam perangkat tersebut adalah foto dan klip pribadi dan bukan data sensitif, Anda pasti tidak ingin data tersebut diakses oleh orang yang tidak berwenang. Dan mengingat bahwa sebagian besar hard drive eksternal portabel digunakan untuk menyimpan lebih dari sekadar foto, ini bahkan menjadi lebih penting.

Desain padat & portabel

Tidak begitu penting bagi hard drive eksternal desktop tetapi sangat praktis bagi mode portabel, desain perangkat cukup penting. Semakin kecil, ringan, dan mudah untuk dibawa hard drive external portabel Anda, semakin baik. Selain itu, bahkan hanya untuk urusan model desktop, sangatlah bagus jika Anda memilih model yang terlihat bagus jika ditempatkan di tengah meja Anda selama bertahun-tahun mendatang.

Kecepatan

Kecepatan hard drive eksternal Anda untuk mentransfer data juga cukup penting. Jika Anda hanya ingin menggunakan disk Anda untuk penyimpanan, kecepatan mungkin bukan prioritas. Namun, jika Anda sering mengakses data Anda, mencari kecepatan setidaknya 1GB/det atau lebih merupakan ide yang bagus.

Fitur tambahan yang mungkin berguna

Jadi, fitur apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih hard drive eksternal? Berikut ini beberapa petunjuk:

  • SSD vs. HDD. SSD singkatan “solid-state drives” dan perangkat tersebut terbuat dari transistor gate kecil dalam sel yang mentransfer denyut listrik di sekitar drive. HDD singkatan “hard drive disk” karena hard drive ini menggunakan disk magnetik berputar untuk menyimpan data. Singkatnya, SSD lebih cepat dan lebih awet tetapi lebih mahal dibandingkan HDD. Kami biasanya merekomendasikan SSD karena harganya yang lebih tinggi sepadan dengan umur pakai yang lebih lama.
  • Kecepatan transfer minimal dan maksimal. Karena hard drive eksternal selalu berarti data berukuran besar, kecepatan perangkat ini bekerja cukup penting. Harus menghabiskan waktu berjam-jam mentransfer beberapa file sekaligus bisa jadi sangat mengganggu dan tidak nyaman.
  • Fitur-fitur permainan. Ya, ada hard drive eksternal khusus untuk permainan juga. Perangkat ini ditandai dengan kecepatan yang lebih cepat, USB port yang lebih baik, fitur kembali otomatis, dan kompatibilitas universal. Beberapa model portabel bahkan dilengkapi dengan ruang penyimpanan fisik built-in untuk kabel.

Seperti yang dapat Anda lihat, meskipun hanya terdiri atas tiga atau empat tipe berbeda, hard drive eksternal dapat memiliki karakteristik dan fitur tambahan yang beragam. Memilih salah satu harus dilakukan dengan hati-hati jika Anda menginginkan hasil sebaik mungkin. Dan Anda harus memprioritaskan kualitas, keamanan, dan daya tahan terlebih dahulu. Pada akhirnya, inti keseluruhan dari memperoleh hard drive eksternal ini adalah menyimpan dan membuat cadangan data personal dan perangkat lunak Anda dengan aman.

Back to top button
Close