Air Purifier Terbaik 2021

Berbagi tipe air purifier

Hal pertama yang patut dicatat mengenai air purifier adalah berapa banyak tipe yang mereka punya:

Air Purifier HEPA

Filter HEPA merupakan metode filtrasi poluler pada banyak perangkat dan merupakan salah satu dari sekian metode filtrasi yang lebih disukai untuk air purifier. HEPA singkatan dari “High-efficiency particulate air”. Filter ini bekerja hanya dengan membuat penghalang fisik halus yang memerangkap 99.7% dari seluruh partikel yang berukuran lebih besar dari 0.2 mikron. Tergantung seberapa sering Anda menggunakannya, filter ini perlu diganti sekali setiap bulan tetapi alat tersebut sangat baik dalam memperbaiki seluruh kualitas udara di rumah Anda.

Activated carbon air purifier

Air purifier dan filter activated carbon yang menjadi favorit konsumen lainnya lebih baik dibandingkan filter HEPA dalam mengatasi asap, uap, bebauan, dan gas yang dapat menembus filter HEPA. Namun, keduanya bekerja lebih baik secara bersama-sama – pertama filter HEPA memerangkap partikel yang lebih besar, dan kemudian filter activated carbonmengatasi bebauan dan gas. Semua air purifier segala tujuan yang bagus harus dilengkapi kedua sistem ini.

Ultraviolet light air purifier

Filter UV terdengar seperti sesuatu yang tidak mungkin berfungsi atau seperti penipuan tetapi sinar UV ternyata dapat membunuh patogen berbahaya, bakteri, dan virus dari udara. Filter ini bekerja dengan cara mengisap dan menyaring udara di rumah Anda melalui lubang kecil yang dilengkapi dengan sinar UV untuk membunuh organisme berbahaya dari udara sebelum melepasnya kembali ke rumah Anda. Filter sinar UV bekerja paling baik jika digabungkan dengan filter HEPA dan activated carbon. Itu karena jika debu dan partikel anorganik besar lainnya tidak dibersihkan dari udara terlebih dahulu, partikel-partikel tersebut dapat menjadi “pelindung” bagi bakteri dan virus dari sinar UV.

Ionic air purifier

Ionic air purifier bekerja dengan prinsip yang bahkan lebih ganjil – alih-alih menyaring udara, alat in memancarkan ion negatif ke udara yang memaksa debu, jamur, dan partikel udara lainnya terikat menyatu menjadi klaster. Ini membuat partikel-partikel tersebut terlalu berat untuk tetap ditopang udara dan akhirnya jatuh ke lantai atau dinding yang membuatnya lebih mudah dibersihkan. Atau, jika tersedot ke filter HEPA, partikel-partikel tersebut akan menjadi cukup besar untuk terperangkap di dalamnya.

Masalah nyata pada ionic purifier adalah bahwa alat ini tidak benar-benar “memurnikan” udara tetapi hanya memodifikasi susunan partikelnya. Namun, alat ini tetap bergunadengan kombinasi filter yang tepat.

Electronic air cleaner

Sekarang karena kita telah membahas empat metode filtrasi utama, mari kita bahas beberapa tipe air purifier lainnya. Electronic air cleaner menjadi solusi menyeluruh masalah rumah yang dirancang agar bekerja dengan sistem AC atau perapian. Alat ini memanfaatkan filter ionic purifier dan HEPA dan bekerja dengan mengisi dan memerangkap polutan udara.

Central air cleaner

Serupa dengan electronic cleaner, central air system juga menghubungkan saluran kerja di rumah Anda. Alat ini tidak menggunakan ionic purifier, namun, lebih fokus pada kombinasi filter HEPA dan activated carbon.

Stand-alone air purifier

Jika Anda tidak ingin menghubungkan apa pun ke dalam sistem perapian atau AC rumah Anda, Anda dapat menggunakan perangkat stand-alone. Perangkat ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran dan menggunakan kombinasi filter yang berbeda. Tipe yang paling umum dan efektif adalah tipe yang menggunakan filter HEPA, activated carbon, dan sinar UV (dengan urutan ini).

Apa yang harus saya cari ketika membeli air purifier?

Dengan berbagai tipe air purifier, sangatlah penting mengetahui apa yang Anda cari ketika membeli satu alat ini untuk rumah Anda. Berikut faktor-faktor utama yang perlu diperhatikan:

Tipe mana yang Anda butuhkan?

Seperti yang Anda perhatikan di atas, setiap metode pemurnian dan/atau filtrasi ditujukan khusus untuk kontaminan udara yang berbeda. Jadi, upaya terbaik adalah dengan memilih perangkat yang memanfaatkan beberapa metode filtrasi yang berbeda atau mengidentifikasi masalah pasti Anda dan mencari sesuatu untuk mengatasinya.

Volume, kapasitas, dan daya

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa tipe yang Anda pilih dapat menyaring udara di rumah Anda secara komprehensif. Ini berarti bahwa alat ini harus memiliki kapasitas dan daya untuk mengatasi volume udara di rumah Anda. Tergantung pada tata letak rumah Anda, menggunakan beberapa perangkat merupakan ide bagus.

Kualitas

Faktor selanjutnya yang sangat penting adalah memilih sesuatu berdasarkan kualitas. Ada banyak model dan merek air purifier di bawah standar yang buruk di luar sana dan kita bisa dengan mudah terkecoh.

Fitur ekstra yang mungkin berguna

Sekarang Anda telah memilih produk yang berkualitas tinggi dengan tipe yang tepat untuk keperluan Anda, saatnya memilih fitur yang Anda sukai.

  • Kecepatan, mode pengaturan, timer, remote control, dan lain-lain yang berbeda dan dapat diprogram
  • Kesesuaian aplikasi untuk membantu mengawasi berbagai hal dengan lebih mudah.
  • Operasi yang tidak bising yang tidak mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.
  • Desain yang bagus yang memanjakan mata dan cocok dengan desain interior rumah Anda.

Seperti yang dapat Anda lihat, ada berbagai tipe air purifier yang dapat dipilih bahkan tanpa menghitung ribuan model yang berbeda untuk setiap tipe. Sebagian tipe lebih baik dibandingkan tipe yang lain di satu sisi atau lebih dan sebagian besar lainnya memiliki fitur khusus. Memilih tipe yang tepat untuk Anda tergantung pada proses identifikasi tipe masalah yang Anda alami terlebih dahulu. Setelah itu – yang paling penting adalah memilih model berkualitas tinggi dengan fitur-fitur yang Anda sukai.

Back to top button
Close