Termos nasi terbaik 2024

Bagi Anda yang mengelola usaha makanan seperti katering, warung nasi, atau restoran, tentu tidak bisa mengabaikan arti penting dari termos nasi sebagai salah satu alat dapur utama. Mereka yang membawakan bekal sekolah untuk anaknya, sering bepergian, atau mengadakan pesta juga menyadari peranan pentingnya. Ini tidak mengherankan mengingat masyarakat Indonesia gemar menyantap nasi yang masih hangat dan pulen.

Termos nasi bisa juga disebut sebagai penghangat nasi tanpa listrik, karena tidak membutuhkan daya listrik untuk menjaga nasi tetap hangat. Tempat makan tahan panas ini praktis untuk dibawa bepergian, bahkan ke tempat yang tidak terjangkau listrik. Banyak produsen ternama telah memproduksi berbagai jenis termos nasi untuk menjawab kebutuhan konsumen yang beragam.

Panduan belanja ini memberikan Anda petunjuk seputar harga termos nasi, latar belakangnya, cara memilih termos nasi terbaik sesuai kebutuhan Anda (berdasarkan fungsi, jenis, ukuran, dan harga), penggunaan, perawatan, dan sebagainya.

Apa itu termos nasi?

Beberapa produsen di Indonesia menjual termos nasi dengan sebutan rice bucket (atau ice bucket untuk termos es batu). Label rice bucket mungkin bisa disalahartikan oleh para penutur bahasa Inggris sebagai “ember beras,” sementara ice bucket mereka artikan sebagai “ember es batu.” Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri mendefinisikan termos sebagai “botol” dengan dinding ganda untuk menjaga suhu “minuman” di dalamnya supaya tetap seperti “semula.” Terlepas dari segala persepsi dan definisi yang diberikan, tidak ada salahnya kita melihat sekilas latar belakang sejarahnya.

“Thermos”

harga termos nasiKata “thermos” dalam bahasa Inggris sebenarnya adalah merek dagang yang telah digunakan sebagai nama generik untuk menyebut tabung hampa udara atau vacuum flask, yang sering diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “termos.” Tabung atau botol tersebut diciptakan pada tahun 1892 oleh Sir James Dewar, dan baru diproduksi secara komersial pada tahun 1904 oleh sebuah perusahaan di Jerman. Penggunaan merek “Thermos” berasal dari kata Yunani therme yang berarti “panas.” Sebuah perusahaan Jepang kemudian mengakuisisinya pada tahun 1989.

Termos, yang juga dikenal sebagai tabung Dewar atau botol Dewar, adalah wadah penyimpanan bersekat yang mampu mempertahankan temperatur isinya agar tetap panas atau dingin dalam waktu lama terlepas dari temperatur lingkungan di luarnya. Wadah penyimpanan ini pada dasarnya terdiri dari dua tabung, salah satunya ditempatkan di dalam yang lainnya, dan keduanya direkatkan di bagian mulut termos. Celah di antara kedua tabung dibuat nyaris hampa udara sehingga secara signifikan mengurangi perpindahan panas akibat konduksi atau konveksi.

Thermos nasi

Di kemudian hari, tabung hampa udara tersebut banyak mengalami perkembangan sehingga tidak sama persis dengan hasil ciptaan Dewar. Kendati awalnya diproduksi untuk menyimpan air dingin atau air panas, termos pada zaman modern juga ada yang dibuat khusus untuk makanan, misalnya thermos nasi. Sementara yang dimaksud dengan termos portable biasanya mengacu pada termos air panas atau termos air dingin.

Di Indonesia, termos nasi juga lazim digunakan sebagai termos es oleh para pengelola usaha minuman dan makanan, baik pemilik rumah makan maupun penjaja makanan atau minuman keliling. Selain untuk tamasya dan piknik, termos nasi kecil atau termos nasi mini banyak digunakan oleh para orang tua untuk membawa bekal bagi anaknya yang bersekolah. Kegunaannya sebagai peralatan makan yang mudah dibawa kemana-mana turut menjadikan termos makanan tahan panas populer di kalangan masyarakat luas.

Bagaimana cara kerja termos nasi?

Termos dirancang sedemikian rupa supaya bisa menjaga makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya pada suhu tertentu. Suhu memungkinkan untuk dipertahankan dalam waktu lama karena adanya ruang hampa udara untuk mencegah perpindahan panas yang menyebabkan perubahan suhu. Celah vakum atau hampa udara tersebut berada di antara dinding bagian dalam dan dinding bagian luar termos. Selain itu, bagian leher atau mulutnya yang terbuka juga ditutup rapat dengan sumbat atau tutup yang terbuat dari bahan non-konduktif supaya panas tidak bisa masuk atau keluar dengan mudah dari sana. Makanan panas yang disimpan di dalamnya akan tetap hangat selama berjam-jam, dan makanan dingin juga tetap dingin karena ruang vakum menahannya dari udara panas di luar termos.

Pada awalnya, lapisan pada dinding dalam termos terbuat dari kaca, karena kaca adalah isolator yang baik untuk menghambat perpindahan panas. Sementara lapisan perak digunakan untuk memantulkan kembali energi panas (kalor). Masalahnya adalah termos yang terbuat dari kaca sangat mudah pecah. Saat ini, kebanyakan termos terbuat dari logam atau plastik, meskipun secara umum kurang berfungsi dengan baik. Ruang vakum yang tidak sempurna, karena mengandung sejumlah udara, dan tutup yang tidak mampu menutup dengan sempurna, juga menyebabkan kemampuannya untuk mempertahankan suhu menjadi berkurang.

Termos nasi terbuat dari bahan apa saja?

Termos makanan ini, yang berukuran sedang dan besar, biasanya menggunakan plastik sebagai bahan baku untuk dinding bagian dalam dan dinding bagian luarnya, tidak menggunakan material kaca atau logam mengkilap seperti cermin untuk membalikkan panas. Selain karena pertimbangan biaya produksi yang lebih murah, plastik digunakan karena sifatnya yang bukan konduktor atau penghantar panas. Sepanas-panasnya nasi, tentunya tidak sepanas air mendidih. Nasi di dalam termos biasanya juga disimpan dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama.

Sebagai bahan yang bersifat adiabatik, plastik dianggap cukup baik untuk mencegah atau menghambat perpindahan panas antara bagian dalam termos dan lingkungan di luar termos. Pertukaran suhu bisa ditekan seminim mungkin sehingga memungkinkan termos mempertahankan panas dari nasi yang disimpan di dalamnya. Merek termos yang bagus kerap menggunakan bahan plastik food grade tahan panas dengan kualitas baik. Daripada memakai tempat nasi stainless steel tradisional, menggunakan termos nasi masih lebih menguntungkan karena bisa menyimpan nasi supaya tidak mudah basi.

Termos nasi kecil banyak yang menggunakan stainless steel sebagai bahan untuk dinding bagian dalam. Dinding bagian luarnya ada yang menggunakan bahan plastik, dan ada pula yang menggunakan bahan stainless. Kendati harga termos stainless steel lebih mahal, kemampuannya mempertahankan suhu lebih baik daripada plastik, tahan karat, dapat dipakai berulang kali untuk jangka waktu lama, dan lebih aman digunakan.

Pilihan ukuran dan desain termos nasi

Di pasaran terdapat banyak sekali ragam termos nasi tahan panas, yang terkadang disebut tong nasi, dengan berbagai macam pilihan ukuran, desain, dan bahan pembuat. Sejauh pengamatan kami, termos nasi mini ada yang berkapasitas 0,2 liter, dan termos nasi paling besar kapasitasnya mencapai 38 liter. Termos anak-anak pilihan desainnya lebih beraneka ragam, dengan bermacam-macam motif dan gambar. Selain itu, banyak produsen yang menyertakan bonus sendok lipat berbahan stainless atau centong nasi plastik, gratis!

Termos nasi kecil

Yang tergolong dalam kategori termos nasi kecil adalah tempat makan tahan panas berukuran kecil untuk 1 orang dan 1-2 kali makan, termasuk termos makan anak-anak dan bayi. Beberapa produsen menyebutnya food jar atau lunch jar. Kapasitasnya bermacam-macam, mulai dari 0,2 liter sampai 1 liter, dan yang banyak kami temukan umumnya berkapasitas 0,3 liter, 0,5 liter, dan 0,75 liter. Desainnya juga beraneka ragam, ada yang berwarna-warni, berwarna solid dengan 1, 2, atau 3 warna, dan desain termos anak-anak biasanya berhiaskan gambar lucu atau karakter kartun.

Dengan ukurannya yang kompak dan mudah dibawa kemana saja, termos nasi mini memang dirancang untuk mereka yang sering bepergian, pekerja kantoran, dan anak-anak yang bersekolah. Mulut atau leher termos yang cukup besar juga memungkinkan untuk menampung sup, masakan berkuah, atau bubur, dan menikmatinya langsung dari termos yang sama. Kendati berukuran kecil, termos ini pada umumnya tidak disarankan untuk penggunaan dalam oven microwave, namun mesin pencuci piring memungkinkan untuk digunakan sebagai alat pembersih.

Termos nasi sedang

Termos nasi tahan panas berukuran sedang biasanya memiliki kapasitas 1,5 liter, 3,5 liter, dan 6 liter, diperuntukkan bagi warung nasi kecil dan bagi keluarga untuk kebutuhan makan di rumah atau pergi berwisata. Kerap dimanfaatkan sebagai termos es batu oleh pemilik warung makan, desain termos ini ada yang bermotif bunga, kotak-kotak, bergambar pemandangan, dan ada pula yang hanya terdiri dari 2 warna yang kontras berpadu. Selain tong nasi berbentuk bulat yang lazim ditemukan di pasaran, beberapa produsen juga memproduksi termos nasi bentuk kotak atau segi empat.

Karena pada umumnya berbahan baku plastik, harga termos nasi ukuran sedang relatif murah sehingga cocok bagi kebanyakan pemilik warung makan dan penjaja makanan keliling. Termos ini ideal bagi keluarga yang membutuhkan penghangat nasi tanpa listrik dan beranggotakan 2-6 orang untuk 2 sampai sekitar 12 porsi santapan. Anda bisa dengan mudah menemukan lapak yang menjual termos nasi ukuran sedang, baik di pasar tradisional maupun di online marketplace.

Termos nasi besar

Kategori terakhir, termos nasi besar, dijual dengan banyak varian warna, model, dan ukuran. Di pasaran, kami menemukan termos besar dengan ukuran 8, 10, 12,5, 14, 15, 17, 20, 26, 30, 33, dan 38 liter. Karena bisa menampung nasi untuk santapan hingga sekitar 80 porsi, termos makanan tahan panas ini banyak digunakan oleh organisasi, keluarga besar, para pengusaha katering, prasmanan, restoran atau warung makan. Desain yang tersedia di pasaran kurang lebih serupa dengan termos ukuran sedang, dan memiliki gagang yang lebih kukuh agar bisa membawa bebannya yang cukup berat.

Harga rata-rata termos nasi tahan panas

Harga termos nasi ukuran sedang dan besar cukup murah karena biasanya menggunakan material plastik. Namun, penggunaan bahan material yang beragam menyebabkan harga termos nasi kecil sangat bervariasi. Kemudian Anda mungkin bertanya, terlepas dari adanya perbedaan bahan, makanan yang disimpan dalam termos nasi tahan berapa lama? Atau, berapa harga termos nasi yang bagus? Informasi dalam bagian ini barangkali bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Termos nasi murah biasanya menggunakan bahan baku plastik polipropilena (PP), juga untuk dinding bagian dalamnya, dan mampu menjaga makanan tetap hangat sampai 4 jam. Yang berharga mahal kebanyakan menggunakan bahan stainless steel 304, baik untuk dinding bagian luar maupun untuk dinding bagian dalam, ataupun untuk dinding dalamnya saja. Merek termos stainless yang bagus mampu menahan suhu panas hingga 9 jam, dan bahkan mampu menyimpan suhu dingin hingga 14 jam.

Berdasarkan pengamatan kami di berbagai online marketplace, daftar harga termos nasi rata-rata sebagai berikut:

  • Termos nasi besar: Rp 90 – 300 ribu
  • Termos nasi sedang: Rp 30 – 100 ribu
  • Termos nasi kecil atau food jar: Rp 70 – 500 ribu

Kisaran harga termos kecil, sering disebut food jar atau lunch jar, sangatlah luas karena penggunaan material yang berbagai macam dan adanya produk dengan merek dari luar negeri. Termos nasi mini tersebut termasuk juga termos makan untuk anak dan bayi. Harganya yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan termos berukuran di atasnya bisa dimaklumi karena para produsen menjawab kebutuhan para ibu akan termos nasi terbaik yang berkualitas bagi anak-anaknya. Harga dari merek termos stainless yang bagus dengan kualitas mumpuni malahan bisa melebihi Rp 500 ribu.

Termos nasi paling berguna dalam situasi apa?

Sebagaimana kita ketahui, kegunaan utama termos nasi adalah menyimpan nasi dan mempertahankan kehangatannya supaya tidak cepat basi dan berbau. Oleh sebab itu, alat dapur ini lazim dimiliki para penjual nasi, pemilik usaha makanan prasmanan, warung makan, dan pedagang makanan keliling. Penjaja es mambo dan es lilin juga kerap memanfaatkannya sebagai termos es. Keharusan untuk melayani konsumen dalam waktu cepat dengan sarana yang seekonomis mungkin, sambil tetap menjaga makanan atau minuman yang dijual dalam kondisi optimal, menjadikannya salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki.

Mereka yang hobi melancong, pekerja kantoran, orang tua yang memiliki bayi dan anak sekolah adalah para pemetik manfaat berikutnya. Harapan untuk menikmati makanan yang higienis dan sehat, dengan menyiapkannya sendiri dari rumah, menyebabkan populernya penggunaan termos nasi mini dan lunch jar. Alat makan jenis ini dirancang sedemikian rupa supaya makanan yang dibawa bisa dinikmati secara langsung dari wadahnya, dalam keadaan tetap hangat. Model-model tertentu terdiri dari beberapa tempat makanan bersusun, dan ada pula model dengan tutup cukup besar yang bisa digunakan sebagai wadah bersantap.

Situasi lain yang menuntut kehadiran perlengkapan makan ini adalah ketika berada di daerah dingin atau pegunungan yang terpencil. Mereka yang senang mendaki gunung atau melakukan lintas alam semestinya mengerti benar tantangan dan kesulitan yang dihadapi saat memasak makanan di daerah bersuhu dingin. Dengan memanfaatkannya sebagai termos air panas, penambahan air panas untuk mempercepat proses memasak bisa dilakukan dengan mudah, karena air cepat habis saat memasak pada temperatur dingin. Termos yang sama selanjutnya bisa digunakan untuk menyimpan nasi atau makanan yang sudah matang.

Bagaimana cara memilih termos nasi?

Di pasaran terdapat aneka ragam termos nasi atau termos es dengan berbagai spesifikasi dan kualitas. Merek termos yang bagus juga ada banyak, dan biasanya memiliki lini produk termos nasi tahan panas yang berkualitas. Meski umumnya terbuat dari bahan plastik, termos nasi berbeda dengan tempat nasi plastik biasa. Berikut beberapa rekomendasi yang perlu Anda pertimbangkan saat memilihnya.

  • Harga termos nasi dari merek terkenal biasanya lebih mahal. Namun, daya tahannya lebih kuat dan bisa digunakan sampai bertahun-tahun lamanya.
  • Pastikan termos makanan yang Anda cari berdinding rangkap dan dipisahkan oleh ruang vakum. Jika tidak demikian maka bisa dikatakan sebagai boks nasi atau boks plastik makanan biasa, dan tidak mampu menyimpan suhu dalam waktu lama.
  • Lapisan dalam dengan material plastik food grade tahan panas adalah faktor terpenting jika Anda memutuskan untuk membeli termos nasi plastik. Pastikan kondisinya baik, tanpa cacat. Harga termos stainless steel lebih mahal, tetapi lebih awet dan lebih aman digunakan.
  • Coba cium bagian dalam termos. Jika ada bau tidak enak, berarti tidak memenuhi kriteria sebagai termos makanan, maka jangan membelinya.
  • Pastikan bagian luar termos memiliki konstruksi yang kukuh dan mantap. Cobalah pegangannya, apakah dirasa cukup kuat untuk menanggung beban berat dan memudahkan perpindahannya.
  • Tutup termos harus bisa menutup dengan rapat dan sempurna. Jika tidak bisa menutup dengan baik, kemampuannya untuk mempertahankan suhu diragukan.

Selain tips yang disajikan di atas, ada juga satu cara lain untuk menguji kualitas termos, khususnya termos stainless steel. Dekatkan dan arahkan telinga Anda ke mulut termos kosong yang terbuka, dan dengarkan suaranya. Anda akan mendengar semacam suara dengung atau angin, dan semakin keras suaranya berarti semakin baik mutunya.

Tips menggunakan termos nasi

termos nasi kecilKarena fungsi termos nasi adalah bukan sebagai alat pemanas, suhu makanan yang disimpan akan terus turun, apalagi jika penutupnya sudah dibuka. Oleh karena itu, cara menggunakan termos nasi dengan benar perlu diperhatikan supaya suhu penyimpanan bisa dipertahankan semaksimal mungkin, dan Anda memperoleh faedah yang sebaik-baiknya sesuai yang diharapkan. Berikut kami sajikan sejumlah tips penggunaannya.

  • Pertama-tama, setelah dimasak dengan rice cooker atau kukusan, nasi yang telah matang sebaiknya diaduk-aduk secara merata supaya uapnya banyak yang keluar. Selain untuk menjadikan nasi lebih pulen dan bertekstur lembut, ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya uap air berlebihan saat nasi disimpan dalam termos.
  • Baca dan pelajari instruksi yang disertakan dalam termos nasi yang Anda beli. Petunjuk tersebut memberi informasi tentang berapa lama makanan yang disimpan bisa bertahan dengan suhu tertentu. Ketahanan setiap produk akan berbeda tergantung dari ukuran, struktur, dan bahan yang digunakan.
  • Temperatur nasi matang yang ideal untuk penyimpanan dalam termos kurang lebih 70 °C. Jika dimanfaatkan sebagai termos es, temperatur makanan atau minuman yang ideal untuk penyimpanan adalah sekitar 0 °C atau lebih rendah. Hati-hatilah bila suhunya berubah drastis dalam waktu 1-2 jam saja, karena makanan atau minuman yang disimpan mungkin sudah rusak.
  • Lakukan preheating (pemanasan awal) dengan menuangkan air panas ke dalam termos selama kira-kira 5 menit untuk memanaskannya terlebih dahulu. Kemudian buang air panas tersebut dan masukkan makanan hangat yang ingin disimpan. Cara ini sangat efektif untuk tempat nasi stainless, namun berhati-hatilah pada termos nasi plastik karena materialnya mungkin tidak mampu menahan air panas. Metode serupa dengan air es, yaitu prechilling (pendinginan awal), bisa dilakukan untuk penggunaannya sebagai termos es.
  • Ingatkan anak Anda agar berhati-hati saat membuka tempat makan tahan panas yang Anda sediakan untuk membawakannya bekal sekolah, terutama jika digunakan untuk menyimpan sup atau makanan berkuah. Si kecil bisa terluka parah kalau ia sampai ketumpahan makanannya sendiri.

Bagaimana cara merawat termos nasi?

Setelah mengetahui cara memakai termos nasi, Anda sebaiknya memperhatikan pula cara membersihkan termos nasi dan merawatnya supaya awet serta senantiasa mampu mempertahankan makanan yang disimpan di dalamnya pada suhu tertentu. Silakan menyimak rekomendasi di bawah ini.

Cara membersihkan termos nasi tahan panas

Gunakan spons yang diberi sabun cuci piring cair antibakteri untuk membersihkan baik dinding dalam maupun dinding luar termos, dan jangan biarkan sisa nasi menempel pada dinding bagian dalam. Sebaiknya gunakan spons khusus yang tidak dipakai untuk membersihkan peralatan dapur yang lain agar baunya tidak menulari termos. Mencucinya dengan air hangat lebih disarankan agar lebih mudah membersihkan kotoran dan sisa nasi. Meski banyak model termos makanan tahan panas yang bisa dibersihkan dengan aman menggunakan mesin pencuci piring, Anda akan memperpanjang umur termos Anda jika mencucinya secara manual dengan tangan.

Sama seperti boks nasi atau tempat nasi plastik biasa, termos nasi berbahan plastik membutuhkan penanganan ekstra. Selain adanya bau plastik, termos tersebut mudah berbau setelah digunakan sebagai tempat menyimpan makanan, apalagi jika digunakan untuk menyimpan bahan makanan selain nasi. Kiat utamanya yaitu: segera cuci setelah digunakan untuk menyimpan makanan. Air hangat dan sabun cuci piring cair, yang memiliki fungsi penghilang bau, seharusnya sudah cukup ampuh untuk menghilangkan bau. Hindari pemakaian sabun krim, karena seringkali meninggalkan bau sabun pada bahan plastik.

Cara menghilangkan bau pada termos nasi

Bau kurang sedap pada termos nasi plastik akan tetap tinggal jika cara membersihkannya tidak tepat atau terlalu lama digunakan untuk menyimpan makanan. Selama kondisi dinding dalamnya masih baik dan tidak rusak tergores, persoalan tersebut bisa diatasi dengan mudah tanpa memengaruhi keamanan penggunaannya. Beberapa bahan berikut ini akan Anda temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, dan efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap yang membandel.

  • Garam atau soda kue – Taburkan 1 sendok makan garam dapur atau bubuk soda kue ke dalam termos kecil yang sudah dikeringkan (sesuaikan takarannya pada termos besar atau sedang). Kemudian tutup dan biarkan semalaman.
  • Kertas koran – Masukkan gumpalan kertas koran ke dalam termos nasi yang sudah dikeringkan. Tutup yang rapat dan simpan sampai saat dibutuhkan. Cuci terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.
  • Daun pandan – Ambil dan cuci beberapa helai daun pandan, potong menjadi bagian-bagian kecil, dan masukkan ke dalam termos. Lalu tutup dan biarkan semalaman. Selain menghilangkan bau tidak sedap, cara ini juga menjadikan termos nasi memiliki bau wangi pandan.
  • Cuka – Tuangkan 5 sendok makan cairan cuka putih ke dalam termos nasi kecil (sesuaikan takarannya pada termos nasi besar atau sedang). Tutup dan biarkan selama setidaknya 5 menit, kemudian cuci bersih.

Hindari memanaskan termos nasi dalam microwave

Memang ada beberapa produk dan model termos nasi mini atau lunch jar yang memperbolehkan wadah di dalamnya untuk dimasukkan ke dalam oven microwave. Namun, termos penyimpan nasi pada umumnya tidak direkomendasikan untuk ditempatkan secara langsung di dalam microwave. Sebagaimana halnya pada termos air panas stainless, dinding luar dari tempat nasi stainless juga akan menjadi panas. Anda mungkin lupa akan hal itu ketika hendak mengeluarkannya dari oven tersebut, lalu memegangnya dengan tangan Anda. Dan kebanyakan termos nasi plastik tidak menggunakan bahan plastik yang disyaratkan untuk penggunaan dalam microwave. Termos akan rusak dan tidak lagi mampu menjaga suhu makanan yang disimpan di dalamnya.

Kesimpulan

Semoga panduan pembelian ini memberi Anda cukup wawasan dan informasi agar Anda bisa membeli termos nasi tahan panas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran keuangan Anda. Ada banyak sekali pilihan model dan merek di luar sana, dengan fungsi, kapasitas, harga, dan kemampuan menahan panas yang berbeda-beda, sehingga meluangkan waktu untuk memilihnya secara selektif pasti menguntungkan Anda.

Tips-tips seputar pemakaian dan perawatannya juga telah kami bagikan dalam panduan ini. Semahal apa pun harga termos nasi yang Anda beli, sebaik apa pun kualitasnya, tentu tidak akan awet dan berfungsi dengan baik jika Anda tidak merawatnya dengan benar.

Selamat memilih, dan semoga mendapatkan yang Anda butuhkan!

Back to top button
Close