Robot Penyedot Debu Terbaik 2021

Berbagai jenis robot penyedot debu

Sebagai produk yang cukup baru, robot penyedot debu tidak memiliki sebanyak jenis dan sub-jenis perabotan lainnya. Nyatanya, jika Anda sangat liberal dengan kriteria Anda, Anda bisa menggabungkan semua RoboVac dalam satu kategori karena pada dasarnya, semua RoboVac bekerja dalam prinsip yang sama.

Robot penyedot debu berbeda satu sama lain dalam hal fitur dan karakteristik teknis yang dimiliki. Jadi, cara termudah untuk mengategorikan RoboVac adalah berdasarkan fitur, karakteristik, dan harga keseluruhannya.

Karena RoboVac hadir dengan begitu banyak fitur dan kemampuan yang berbeda, harga robot penyedot debu dapat berkisar dari $100-200 hingga lebih dari $1.000. Untuk menyederhanakan, kami akan memisahkan RoboVac ke dalam kategori “ramah di kantong”, “menengah”, dan “mewah”, di sini kami akan membicarakan fitur-fiturnya. Namun, perlu diingat bahwa ada banyak pengecualian antara 3 kisaran harga, RoboVac dengan harga lebih rendah dan banyak fitur tambahan, serta RoboVac dengan harga yang lebih mahal dan kekurangan beberapa fitur.

Ramah di kantong

Jika Anda memiliki anggaran terbatas atau hanya menginginkan paket dasar, cukup dengan kira-kira $200 Anda bisa mendapatkan RoboVac yang dapat membantu Anda menjaga kebersihan rumah. Model RoboVac ini biasanya tidak memiliki aplikasi pendukung atau asisten AI, tidak dapat mengosongkan kantong debu atau mengisi ulang daya sendiri, dan baterainya jarang bertahan lebih dari satu jam.

Meski begitu, jika Anda memilih model yang bagus dengan kualitas yang cukup tinggi, bahkan robot penyedot debu yang ramah di kantong akan memberikan banyak bantuan. Ini tidak akan menghilangkan fitur penyedot debu dan mengepel, tetapi akan meminimalkan jumlah pekerjaan yang harus Anda lakukan.

Menengah

Dalam kisaran harga sedang dari $400 hingga $800, Anda akan mendapatkan jumlah terbaik untuk uang yang Anda keluarkan. Robot pembersih debu dalam kisaran menengah ini biasanya akan memiliki daya tahan baterai lebih lama, yaitu sekitar 2 jam, sistem navigasi yang unggul, dan kualitas usia fungsi yang lebih banyak. Fitur-fitur seperti aplikasi pendukung dan kontrol jarak jauh, serta pemantauan dan pengisian ulang baterai mandiri menjadi lebih lazim di kisaran menengah ini.

Mewah

RoboVacs yang masuk dalam kisaran harga lebih dari $800 dapat dikategorikan pada daya tahan baterai minimal 120 menit atau lebih. RoboVac ini hampir selalu memiliki aplikasi pendukung, dan juga Alexa dan/atau Google Assistant. Robot vakum ini juga sering menghadirkan filter udara tambahan seperti filter HEPA, dusbin yang lebih besar, dan terkadang memiliki kemampuan untuk mengosongkan dustbinnya sendiri.

Robot penyedot debu canggih semacam itu juga akan dapat memonitor sendiri daya tahan baterainya dan kembali sendiri ke stasiun pengisian baterai saat memerlukan pengisian ulang. Banyak model seperti itu hadir dengan teknologi “North Star navigation”, yang memungkinkan navigasi RoboVac yang lebih baik di sekitar rumah Anda.

Apa yang harus saya pertimbangkan ketika membeli robot penyedot debu?

Penting untuk menilai robot penyedot debu berdasarkan kisaran harga dan mereknya, tetapi Anda juga harus mencari tahu apa saja yang dapat dilakukan perabotan ini. RoboVac dapat memiliki banyak fungsi yang berbeda-beda, beberapa bersifat penting, dan beberapa lainnya bersifat pelengkap.

Mengepel

Sejak model iRobot Scooba pertama pada tahun 2005 dan bahkan “Robot Penyedot Debu ” Electrolux pertama pada tahun 1996, RoboVac dirancang sebagai alat pel yang dapat mengatur pekerjaannya sendiri. Beberapa hadir dengan pel tambahan khusus, tetapi umumnya tambahan ini tidak perlu dan tidak praktis. Sebaliknya, sebagian besar RoboVac hanya menggunakan sikat karet padat di bawah dan di samping untuk secara efektif mengepel lantai Anda.

Menyapu

Fitur utama lainnya adalah menyapu, sesuatu fitur yang akan Anda temukan di setiap robot penyedot debu. Namun, ini bukanlah sesuatu yang secara khusus Anda cari, karena fitur ini tidak seefektif menyedot debu.

Menyedot debu

Anda akan langsung tahu dari namanya bahwa semua robot penyedot debu dapat menyedot debu. Namun, banyak model sebelumnya dan beberapa model dengan harga murah saat ini hanya dapat menyapu dan mengepel. Tentu saja, menyedot debu jauh lebih baik dan sebagian besar RoboVac cukup efisien – yang perlu Anda lakukan hanyalah mengosongkan dustbinnya sesekali.

Daya tahan baterai

Umur rata-rata baterai RoboVac adalah 1-2 jam, namun, beberapa dapat bertahan hingga 4 jam tanpa isi ulang. Beberapa model yang lebih baik bahkan dapat memonitor masa pakai baterai dan menghubungkan tubuhnya sendiri ke pembangkit listrik jika memerlukan isi ulang.

Fitur tambahan yang mungkin berguna

Dengan mempertimbangkan fungsi-fungsi utama tersebut, berikut adalah beberapa fitur tambahan yang juga perlu diperhatikan:

  • Wi-Fi dan Aplikasi pendukung. Jika Anda menginginkan robot penyedot debu yang dapat dengan mudah menavigasi rumah Anda serta melaporkannya kembali kepada Anda, pastikan RoboVac ini memiliki aplikasi pendukung dan Wi-Fi.
  • Google Assistant, Alexa, Echo, atau asisten AI lainnya juga merupakan keuntungan yang besar. Mereka akan membantu Anda melacak segala sesuatu yang terjadi dan membuat Anda tetap up to date terhadap kegiatan robot Anda.
  • Sensor deteksi kotoran membantu banyak RoboVac untuk lebih mudah mendeteksi area yang kotor dan memberikan perhatian ekstra pada area tersebut.
  • Alat navigasi tambahan. Semua RoboVac bekerja dengan merekam rute dan memetakan lingkungan, namun dalam hal ini, ada beberapa jenis RoboVac yang lebih baik daripada RoboVac yang lain. Jika Anda ingin RoboVac Anda bekerja seefektif mungkin, carilah RoboVac dengan sistem “North Star navigation”.

Semoga, kami memberi Anda setidaknya sedikit wawasan tentang cara kerja robot penyedot debu. Mereka terus berevolusi dan mengembangkan fitur-fitur dan kemampuan baru yang akan membuat mereka lebih baik dalam melakukan pekerjaan. Adapun robot penyedot debu terbaik tergantung pada kebutuhan Anda, anggaran, dan preferensi pribadi.

Back to top button
Close