Pendingin Udara (AC) Terbaik 2021

Berbagai jenis pendingin udara (AC)

Terlepas dari perbedaannya, semua pendingin udara bekerja dengan prinsip yang sama. AC ini memindahkan cairan pendingin dari satu set gulungan (yang mengalirkan panas) ke set gulungan lain (yang menyebarkan panas). Tipe AC dapat ditentukan dari di mana, dan bagaimana komponen-komponen tersebut di atas saling berhubungan.

Pendingin Udara Monoblock

Karakteristik yang menyatukan semua unit AC monoblock adalah bahwa semua komponennya ditempatkan di dalam satu body shell, karenanya AC ini disebut sebagai AC “monoblock”. Semua AC monoblock dirancang untuk ditempatkan di dalam ruang tertutup, namun semuanya memiliki pipa udara yang menyebarkan udara panas keluar.

Selain itu, AC monoblock memiliki berbagai sub-tipe yang berbeda-beda, di antaranya:

  • Unit AC monoblock portabel/mobile. Biasanya diletakkan di atas roller, AC ini dibuat agar mudah dipindah-pindahkan di sekitar rumah atau kantor Anda. Panjang pipa pembuangan udaranya sekitar 2-3 meter dan sub-tipe ini biasanya memiliki kapasitas rendah, yaitu 9.000 hingga 12.000 BTU.
  • Unit AC monoblock yang dipasang di lantai. AC yang dipasang di lantai ini memiliki kapasitas yang sama dengan AC monoblock portabel, tetapi dibuat agar tidak dapat dipindah-pindah. AC ini dipasang di lantai dan di dinding luar. Sub-tipe ini biasanya memiliki 2 pipa pembuangan udara yang membentang keluar melalui dinding.
  • Unit AC monoblock yang dipasang di dinding. Unit ini memiliki kapasitas serupa dengan beberapa sub-tipe sebelumnya, tetapi sub-tipe ini hanya dipasang di permukaan dinding saja. AC ini juga disebut sebagai “AC high wall”.
  • Unit AC monoblock jendela. Suatu variasi yang menarik, AC jendela lebih mudah dipasang karena tidak memerlukan dinding. Namun, sub-tipe ini bisa sangat berisik dan dapat menghalangi jendela, sehingga akhir-akhir ini, AC ini jarang terlihat.

Pendingin Udara Split

Unit AC ini mungkin adalah tipe AC yang paling terkenal. Pendingin udara split bekerja dengan prinsip yang sama, tetapi gulungan pengumpul panas dan pendispersi panasnya terpisah menjadi dua badan – satu di dalam ruangan dan satu lagi di luar ruangan. Dua badan AC split dihubungkan melalui ventilasi udara tembaga dan kabel listrik. Tipe AC ini lebih tenang dan lebih tidak berisik jika dibandingkan dengan AC monoblock karena kompresor AC ini berada di luar.

Seperti halnya AC monoblock, AC split memiliki beberapa sub-tipe yang berbeda:

  • Unit AC split yang dipasang di dinding. Mirip dengan tipe monoblock, hanya saja sub-tipe AC ini dipisahkan menjadi dua badan – satu di luar dan satu di dalam.
  • Unit AC split yang dipasang di lantai. Sekali lagi, sub-tipe ini mirip dengan AC monoblock, hanya saja gulungannya dibagi menjadi dua badan. Perbedaan lainnya adalah AC split yang dipasang di lantai dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-kategori, yaitu AC split kolom dan AC split kabinet –faktor pembeda utamanya adalah bentuknya yang berbeda.
  • Unit AC split portabel/mobile. Model-model ini biasanya memiliki kapasitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan AC monoblock portabel, tetapi sedikit kurang portabel karena sub-tipe AC ini memiliki dua badan yang terpisah. Namun tetap saja, AC ini sangat praktis jika Anda menginginkan AC yang kuat dan portabel.
  • Unit AC split yang dipasang di pipa. Pilihan yang bagus untuk rumah yang memiliki sistem saluran udara. AC ini hanya dipasangkan di saluran udara saja. Sub-tipe AC ini sering disebut AC “channel” atau AC “sentral”.

Pendingin Udara Multi Split

Bagian dari unit AC split, yaitu AC multi-split adalah model AC dengan badan indoor berganda per satu badan eksternal. Pilihan yang bagus untuk Anda yang menginginkan AC di beberapa ruangan yang terpisah, AC multi-split memiliki unit kondensor yang jauh lebih kuat.

Hal keren lainnya adalah tipe AC ini dapat menggunakan unit-unit indoor yang berbeda. Anda dapat memiliki sistem AC multi-split dengan 4 badan internal yang semuanya berbeda – satu dapat dipasang di dinding, satu dapat menjadi AC kolom yang dipasang di lantai, satu dapat menjadi unit AC kabinet yang dipasang di lantai, dan satu lagi dapat menjadi AC ceiling cassette atau AC cassette langit-langit.

Apa yang harus saya pertimbangkan ketika membeli AC?

Memilih AC terbaik untuk kebutuhan Anda berarti mempertimbangkan beberapa faktor utama, yaitu:

Kapasitas

Hal pertama dan termudah untuk mempertimbangkan pemilihan AC adalah berapa banyak daya yang Anda inginkan untuk AC Anda. Cukup hitung ukuran persegi rumah atau kantor Anda dan gunakan itu untuk menghitung berapa BTU yang akan Anda butuhkan.

Jenis penyusunan

Monoblock, split, atau multi-split?

Multi-split biasanya ditujukan untuk kantor atau rumah yang lebih besar, yang memerlukan banyak daya AC.

Monoblock biasanya digunakan untuk suatu ruangan kecil, seperti kantor satu ruangan, ruang bawah tanah, garasi, dan loteng. Cocok untuk Anda yang tidak menginginkan instalasi yang rumit.

AC split adalah pilihan serba bisa yang banyak digunakan untuk rumah dan kantor.

Dipasang di dinding, lantai, langit-langit, atau jendela?

Hal utama berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah di mana Anda ingin AC Anda dipasang. AC yang dipasang di dinding dan lantai adalah pilihan tepat, karena AC jendela bisa menjadi sangat berisik dan AC langit-langit biasanya lebih rumit untuk dipasang.

Fitur tambahan yang mungkin berguna

Setelah Anda mempertimbangkan poin-poin utama di atas, selanjutnya adalah mencari tahu detailnya:

  • Ukuran dan bentuk fisik – seberapa besar AC yang Anda inginkan, di mana Anda ingin meletakkannya agar sesuai dengan perabotan rumah Anda, dll.
  • Kebisingan – AC yang memiliki suara bising jarang menjadi masalah jika diletakkan di ruang bawah tanah, garasi, dan loteng tetapi ini bisa menyusahkan jika ditempatkan di tempat tinggal dan ruangan kantor.
  • Estetika – seperti kebanyakan perabotan lainnya, AC memiliki desain dan warna yang bervariasi agar lebih sesuai dengan desain interior Anda.
  • Heat pump – jika Anda menginginkan AC yang tidak hanya berfungsi sebagai pendingin tapi juga berguna untuk pemanas, maka pertimbangkan untuk membeli model AC yang memiliki heat pump yang bagus.
  • Peringkat (rating bintang) energi – peringkat ini menentukan seberapa efisien AC tersebut. Jika Anda tidak ingin membayar terlalu banyak untuk pengoperasian AC sehari-hari, maka pilihlah model AC dengan peringkat (rating bintang) Energi.
  • Fitur tambahan – terakhir, pertimbangkan fitur tambahan apa saja yang Anda inginkan untuk AC Anda. Ini dapat mencakup remote control, kecepatan kipas yang dapat disetel, kontrol arah udara, berbagai jenis filter udara, jam dan penghitung waktu yang dapat diatur, dan banyak lagi.

Masih banyak lagi yang dapat dibicarakan tentang unit AC dan cara kerjanya. Pada akhirnya, mencari AC terbaik untuk rumah atau kantor berarti menghitung dan mempertimbangkan kapasitas, harga awal, tipe dan model, instalasi, konsumsi energi, desain, dan semua fitur lainnya. Namun, jika dan ketika Anda telah menemukan AC yang tepat untuk kebutuhan Anda, maka itu akan menjadi salah satu pembelian terbaik yang Anda lakukan untuk rumah atau kantor Anda.

Back to top button
Close