Mesin-Mesin Pemotong Rumput Terbaik 2024

Apa itu mesin pemotong rumput

Mesin pemotong rumput, sebagaimana namanya, adalah sebuah mesin yang ditujukan untuk memotong rumput secara cepat. Secara umum, mesin pemotong rumput dibagi menjadi 3 jenis, yaitu jenis gendong, jenis dorong, dan jenis mobil.

Mesin potong rumput alias lawn mower adalah sebuah mesin yang menggunakan satu atau beberapa bilah/blade yang berputar untuk memotong permukaan rumput sehingga ketinggiannya sama. Ketinggian dari rumput yang dipotong bisa disesuaikan menurut desain mesin potong rumput tapi umumnya bisa diatur oleh operator, biasanya dengan tuas master tunggal atau dengan tuas atau mur dan baut pada setiap roda mesin. Blade atau bilah bisa digerakkan dengan otot dengan roda-roda secara mekanis tersambung ke bilah-bilah potong sehingga ketika mesin ini didorong maju, bilah pisaunya berputar, atau mesin memiliki daya baterai atau motor listrik colok.

Situasi yang membutuhkan mesin pemotong rumput

Mesin pemotong rumput sangat dibutuhkan, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki halaman rumah yang sangat luas. Selain itu, mesin ini juga sangat dibutuhkan untuk melakukan perawatan rumput di lapangan-lapangan olahraga outdoor, terutama sepak bola atau lapangan golf, yang masih membutuhkan rumput untuk menunjang penampilan dan permainannya.

Anda dapat mencari dengan mudah beragam merek, jenis, serta harga mesin pemotong rumput secara online di internet. Ada banyak sekali produk yang ditawarkan di internet. Mulai dari harga yang paling murah hingga harga yang paling mahal.

Cara kerja mesin pemotong rumput

harga mesin potong rumputSumber daya utama dari mesin potong rumput adalah sebuah mesin pembakaran internal kecil (biasanya satu silinder). Mesin babat rumput yang lebih kecil biasanya tidak memiliki baling-baling sehingga memerlukan daya manusia untuk bergerak di atas permukaan; mesin yang berjalan di belakang akan berjalan sendiri dengan manusia hanya berjalan di belakangnya dan memandunya. Mesin potong rumput yang lebih besar biasanya tipe yang berjalan di belakang atau yang lebih sering lagi tipe ride on yang dilengkapi dengan alat sehingga operator bisa mengendalikannya.

Dua tipe utama bilah pisau/pisau cukur umum dipakai dalam mesin potong rumput. Mesin potong rumput yang menggunakan bilah tunggal berputar pada sumbu vertikal tungal dikenal sebagai rotary mower sementara yang menggunakan batang potong dan pisau ganda yang berputar pada sumbu horisontal tunggal disebut sebagai cylinder atau reel mower.

Ada beberapa tipe mesin potong rumput yang masing-masing disesuaikan dengan skala dan tujuan khususnya. Mesin yang paling kecil, yaitu mesin potong rumput dorong tanpa daya cocok untuk halaman hunian kecil dan kebun. Mesin pemotong rumput dorong bertenaga mesin listrik atau piston biasanya digunakan untuk halaman rumput hunian yang lebih besar.

Riding mower kadang menyerupai traktor kecil, ukurannya lebih besar daripada pemotong rumput tekan dan lebih cocok untuk lahan besar meski pemotong rumput dorong komersial (sperti zero turn mower) bisa berbentuk tipe “stand on” dan seringkali menyerupai traktor halaman hunian, yang dirancang untuk memotong pada area-area besar dengan kedcepatan tinggi dan waktu yang singkat. Pemotong rumput dengan beberapa pisau (muti) dipasang pada traktor dan dirancang untuk halaman yang lebih luas seperti lapangan golf dan taman kota, meski kurang cocok untuk wilayah kompleks perumahan.

Tipe-tipe mesin pemotong rumput

Mesin potong rumput bisa dibagi menjadi beberapa tipe. Di antaranya adalah:

Berdasarkan Rotasinya

Berdasakan rotasinya, mesin potong rumput dibagi menjadi:

Cylinder mower atau reel mower

Tipe ini memiliki pisau potong horisontal yang dipasang tetap pada tinggi potongan yang diinginkan. Di sini terdapat rel beberapa bilah pisau yang berputar cepat memotong pisau memasuki batang potong. Setiap pisau dalam silinder pisau membentuk sebuah heliks mengelilingi sumbu rel dan serangkaian pisau pemutar membentuk sebuah silinder.

Tipe ini mnghasilkan potongan rumput yang paling bersih dan membuat rumput tumbuh lebih cepat. Hasil potongan potong rumput silinder lurus dan jelas seperti dipotong dengan gunting. Hasil potongan yang bersih ini mendukung pertumbuhan halaman rumput yang lebih sehat, lebih tebal dan lebih bagus serta lebih tahan penyakit, serangga, dan parasit. Rumput yang dipotong dengan pemotong silinder lebih kecil kemungkinannya menyebabkan diskolorasi warna kuning, coklat, atau keputihan. Sementara kerja memotong sering diserupakan dengan gunting, silinder yang berputar tidak perlu menyentuh batang pemotong hrisontal.

Ada banyak varian dari potong rumput silinder. Pemotong rumput dorong tidak memiliki mesin dan biasanya dipakai pada area-area rumput yang lebih sempit dengan akses yang sulit sementara polusi kebisingan tidak diinginkan dan polusi udara tidak diharapkan. Ketika pemotong rumput didorong, roda-rodanya mendorong gir yang dengan cepat memutar rel. Lebar potongan biasanya 10 sampai 16 inci.

Motor listrik atau mesin berbahan bakar BBM bisa juga ditambahkan pada pemotong silinder untuk mendorong silinder, roda, roller, atau kombinasi keduanya. Susunan khusus pada mesin berdaya istrik untuk lahan rumput hunian adalah agar motor memberi daya silinder saat operator mendorong potong rumput ini. Model-model elektrik bisa berkabel atau tanpa kabel pada mesin-mesin berbahan bakar bensin, mesin mendorong silinder, dan roller belakang. Beberapa varian memiliki tiga pisau dalam rel yang berputar dengan sangat cepat dan model-model ini bias memotong rumput yang tumbuh terlalu panjang untuk dipotong menggunakan potong dorong biasa. Satu tipe potong rel adalah versi pemotong dorong roda samping tradisional yang digunakan pada halaman rumput hunian. Mesin pembakaran internal yang ditaruh di atas rangka rel dan mendorong roda biasanya melalui sebuah roda. Roda ini mendorong rel seperti dalam pemotong dorong.

Greens mower digunakan untuk potongan presisi pada lapangan golf dan memiiki sebuah silinder yang tersusun atas setidaknya delapan pisau. Mesin ini memiliki sebuah roller sebelum dan sesudah memotong silinder yang memperhalus permukaan lahan yang baru dipotong dan meminimalisir bekas roda. Akibat beratnya, mesin ini juga mendorong pemotong rumput. Varian-varian yang lebih kecil dan ringan dari pemotong rumput roller kadang digunakan untuk tambalan-tambalan kecil halaman rumput ornamental di sekitar dasar bunga dan tidak memiliki mesin.

Bagian-bagian utama dari potongan rumput silinder atau rel adalah:

  • Blade reel/cylinder: terdiri atas beberapa pisau heliks (3 hingga 7) yang dipasang pada rangka yang berputar. Pisau-pisau ini berputar, menciptakan gerakan memotong seperti gunting pada pisau bantalan.
  • Bed knife – mekanisme memotong stasioner dari cylinder/reel mower. Ini merupakan pisau horisontal tetap yang dipasang pada badan mower.
  • Body frame – frame struktural utama mower di mana bagian-bagian mower yang lain dipasang.
  • Roda – membantu mendorong mower bekerja. Umumnya, reel mower memiliki dua roda.
  • Push handle – sumber daya dari reel mower yang dioperasikan secara manual. Ini merupakan gagang berbentuk T, rektangular, atau trapezoidal yang tangguh yang disambungkan ke frame, roda, dan bilik pisau.
  • Motor – sumber daya dari reel mower yang ditenagai bensin atau listrik.

Rotary Mower

Pemotong rumput ini berputar pada sumbu vertikal dengan pisau berputar dengan kecepatan tinggi yang mengandalkan tumbukan untuk memotong rmput. Ini cenderung menghasilkan potongan yang lebih kasar dan menyebabkan diskolorasi pada ujung-ujung daun. Bagian-bagian utama dari rotary mower adalah:

  • Cutter deck husing – menampung pisau dan sistem kemudi pemotong rumput. Ini dibentuk secara efektif untuk memotong rumput.
  • Blade mounting dan sistem kemudi – pisau dari rotary mower biasanya dipasang secara langsung pada rangka mesin tapi bisa juga didoong dengan mtoor hidrolik atau sistem tarik sabuk.
  • Mower blade – sebuah pisau yang berputar dalam bidang horisotnal (pada sumbu vertikal). Beberapa pemotong rumput memiliki sejumlah pisau. Pisau ini memiliki sisi-sisi yang sedikit melengkung ke atas untuk menghasilkan aliran udara kontinyu ketika pisau berputar (seperti kipas) sehingga menghasilkan kerja mengisap dan merobek.
  • Mesin/motor – bisa bertenaga listrik atau bensin.
  • Roda – biasanya empat roda, dua di depan dan dua di belakang. Beberapa pemotong rumput memiliki roller di roda belakang.

Mesin potong rumput menurut sumber energinya

Berdasarkan sumebr energinya mesin potong rumput dibagi menjadi:

Mesin potong rumput berbahan bakar bensin

Sebagian besar mesin potong rumput dorong rotary ditenagai mesin pembakaran internal. Mesin ini biasanya berupa mesin empat langkah yang dipakai karena pembakaran yang lebih bersih dan torsinya lebih besar, menggunakan bahan bakar bensin atau bahan bakar cair lainnya. Mesin-mesin pembakaran internal yang digunakan mesin pemotong rumput normalnya hanya memiliki satu silinder. Daya biasanya berkisar dari empat hingga tujuh tenaga kuda.

Mesin ini biasanya memiliki karburator dan memerlukan tuas tarik manual untuk menghidupkannya. Namun demikian starter listrik sekarang sudah ditawarkan pada beberapa model terutama pemotong rumput komersial dan yang berukuran lebih besar. Beberapa mesin potong rumput memiliki kontrol throttle pada gagang pegangan yang dengannya operator bisa mengatur kecepatan mesin. Mesin potong rumput lainnya memiliki kecepatan mesin yang diatur sebelumnya. Semua dilengkapi dengan sebuah pengatur untuk membuka throttle seperlunya agar kecepatan yang dipilih sebelumnya tetap terjaga ketika gaya yang diperlukan untuk memotong rumput yang lebih tinggi atau lebih tebal ditemui.

Mesin potong rumput berbahan bakar bensin memiliki keuntungan dibandingkan pemotong rumput listrik dalam hal daya yang lebih besar dan jarak jangkauan yang lebih jauh. Namun demikian, mesin bertenaga bensin atau BBM ini menimbulkan polusi yang lebih besar akibat pembakaran di dalam mesin dan mesinnya memerlukan perawatan periodik seperti pembersihan atau penggantian filter udara, mengganti oli mesin, dan lain-lain.

Mesin potong rumput bertenaga listrik

Untuk pemotong rumput ini masih dibagi lagi menjadi model listrik berkabel dan nirkabel keduanya relatif hening, dan menghasilkan kurang dari 75 desibel bunyi, sementara mesin potong rumput berbahan bakar BBM bisa menghasilkan lebih dari 95 desibel suara.

Alat potong rumput listrik berkabel jangkauannya terbatas oleh panjang kabel yang bisa membatasi pemakaiannya pada halaman rumput berjarak 30-45 meter dari colokan kabel terdekat. Ada risiko tambahan lagi pada mesin ini yaitu pemotong rumput bisa terbelit kabel dan pemakainya berisiko kesetrum. Memasang perangkat arus residual (GFCI) pada colokan bisa mengurangi risiko kesetrum.

Pemotong rumput listrik tanpa kabel ditenagai oleh baterai yang bisa diisi ulang. Biasanya berukuran antara 12 volt, 56 volt, dan 80 volt. Biasanya baterai yang lebih banyak akan membuat daya tahan alat potong rumput ini lebih lama. Jika berada di luar ruangan, baterai yang menipis bisa dengan cepat diganti dengan baterai yang sudah diisi ulang. Alat potongan rumput tanpa kabel kemampuan bermanuvernya sama seperti pemotong rumput bertenaga bahan bakar dan ramah lingkungan juga karena tidak menimbulkan polusi dari pembakaran.

Namun demikian alat pemotong rumput yang ideal ini menuntut budget yang lebih tinggi karena memang harganya lebih mahal dan modelnya pun lebih sedikit daripada model yang lain. Pembuangan baterai yang rusak juga bermasalah namun bisa diatasi karena beberapa pemanufaktur menawarkan daur ulang dan motor pada beberapa pemotong rumput tanpa kabel cenderung kurang bagus dibandingkan motor bertenaga BBM.

Mesin potong rumput manual

Meski model-model bertenaga bahan bakar dan listrik sudah cukup populer, tipe orisinil pemotong rumput bertenaga manusia masih tersedia. Rel ditempelkan ke roda pemotong rumput dengan gir sehingga ketika alat ini didorong ke depan, rel berputar beberapa kali lebih cepat daripada putaran roda karet atau plastik. Tipe ini menawarkan keuntungan tanpa polusi. Karena semua energi yang diperlukan berasal dari tenaga pengguna, metode memotong rumput ini paling melelahkan dan tidak direkomendasikan untuk lahan yang luas. Dengan bergantung pada pemasangan rel, alat potong rumput ini seringkali tidak bisa memotong rumput pada tempat yang sangat dekat dengan hambatan seperti pohon, tepi sungai, dan lain-lain dan juga memerlukan permukaan yang sangat rata agar bisa beroperasi dengan baik.

C. Tipe-tipe pemotong rumput lain

  • Model hover merupakan pemotong rumput dorong rotary yang menggunakan impeller di atas pisau yang berputar untuk mendorong udara ke bawah, sehingga menciptakan saluran udara yang mengangkat pemotong rumput di atas tanah. Operator bisa dengan mudah memindahkan alat potong rumput ini ketika mengapung di atas rumput. Tipe hover ini ringan dan untuk mencapai mode mengambang biasanya memiliki badan plastik dengan sebuah motor listrik. Kekurangan utama dari model ini adalah pemakaiannya yang merepotkan pada medan kasar.
  • Robotic mower ditampung pada sebuah kabel batas di sekitar lahan rumput yang menentukan area yang akan dipotong. Robot menggunakan kawat ini untuk menentukan lokasi batas area yang akan dipangkas dan dalam beberapa kasus menentukan lokasi dock pengisian ulang. Tipe robot ini bisa mengatasi hingga 5 hektar rumput. Pemotong rumput robot ini biasanya memiliki dock sendiri dan mengandung sensor hujan dan hampir menghilangkan peran manusia dalm memotong rumput.
  • Pemotong rumput yang ditarik traktor. Biasanya ditempelkan pada traktor. Penempelan ini bisa berfungsi dengan pergerakan traktor seperti pada pemotong rumput silinder manual tapi kadang bisa juga memperkuat pisau yang bergerak. Biasanya dipasang pada sisi atau bagian belakang traktor.
  • Riding mower. Ini memudahkan pengerjaan pada lahan yang luas. Operator diberi kursi serta mengontrol pemotong rumput dan sebagian besar menggunakan sistem pisau yang berotasi secara horisontal, meski biasanya dengan beberapa pisau. Bentuk yang paling umum dari ride on mower adalah lawn traktor. Kemudi dari alat ini memiliki beberapa kategori. Transmisi yang paling umum untuk traktor adalah transmisi manual. Yang kedua adalah transmisi variabel kontinyu yang disebut transmisi hidrostatik.
  • Mulching mower. Pisau dirancang untuk menjaga klipping bersirkulasi di bawah pemotong rumput hingga hasil potongan terkoyak cukup kecil. Desain lain memiliki pisau kembar yang memotong hinga kecil, fungsi ini memiliki keuntungan tambahan dalam bentuk kerja mengumpulkan dan membuang rumput hasil pemotongan.

Di Indonesia sendiri, jenis pemotong rumput umumnya dibedakan menjadi dua:

  • Mesin potong rumput gendong: mesin ini biasanya dipakai pada lahan yang permukaannya tidak rata, berbentuk sangat mirip dengan mesin penyemprot hama. Untuk memakainya kita hanya perlu menarik tuas di dekat mesin sambil berjalan maju.
  • Mesin potong rumput dorong: Jenis ini sering dipakai di lahan dengan permukaan berupa tanah rata. Tangkai pendorong bisa dilipat dan penampung rumputnya mudah dibongkar pasang. Di samping itu alat ini cukup cocok untuk dipakai pada halaman atau lapangan yang luas.

Mesin pemotong rumput memiliki 3 jensi pisau yang fungsinya antara lain:

  • Pisau bulat bergigi 8 berfungsi memotong bagian semak belukar yang membandel.
  • Pisau bulat bergigi 80 untuk memotong rumput berukuran lebih besar.
  • Pisau palang untuk memangkas rumput besar sejenis rumput gajah, alang-alang, dan lain-lain.

Tips merawat mesin pemotong rumput

mesin rumputNah, setelah di atas kita membahas beberapa hal terkait mesin pemotong rumput, kini kita akan beralih ke beberapa tip yang bisa dipertimbangkan ketika merawat mesin pemotong rumput. Sama seperti peralatan atau mesin yang lain, alat potong rumput juga memerlukan perawatan secara berkala. Memelihara peralatan apapun baik selama pemakaian atau sesudahnya, yakni setelah disimpan merupakan hal penting. Supaya mesin potong rumput kita selalu tajam dan stabil dan tidak cepat rusak maka pastikan Anda selalu merawatnya. Berikut ini beberapa tip yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Hindarkan mesin pemotong rumput dari benda keras saat beroperasi. Ini menjadi penyebab utama pisau mesin pemotong rumput menjadi tumpul dan oleh karena itu sebaiknya kondisi area rumput yang akan dipotong dibersihkan dulu dari bebatuan, logam, atau benda-benda keras lainnya.
  • Pastikan Anda menyimpannya dalam keadaan kering dan bersih. Seringkali mesin potong rumput dipakai dalam kondisi rumput masih basah akibat embun atau oleh bekas air hujan yang turun semalam. Karenanya, mesin menjadi basah dan ketika selesai hendaknya kondisi ini segera dikeringkan dan dalam keadaan bersih. Resiko yang dihadapi apabila menyimpan alat pemotong rumput dalam keadaan basah adalah bagian besinya akan menjadi mudah berkarat dan apabila ini dibiarkan terjadi maka kerusakan fatal akan dialami oleh mesin pemotong rumput Anda.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Mesin potong rumput termasuk mesin yang sangat berisiko apabila sampai dijangkau oleh anak-anak. Ada kemungkinan anak-anak membuatnya sebagai mainan dan menyebabkan kerusakan atau bahaya yang lebih besar yaitu jika sampai anak-anak secara tidak sengaja menciderai dirinya dengan mesin ini.

Perawatan mesin pemotong rumput

  • Pisau pemotong rumput diasah dengan rutin. Ini juga perlu, yaitu mengasah sesekali mata pisau pada mesin sehingga ketajaman dan kekuatannya tetap terjaga.
  • Oli dan bensin harus senantiasa dalam keadaan bagus. Oli diganti secara rutin pada mesin karena kinerja mesin babat rumput akan sangat bergantung pada kualitas olinya. Selain itu, mesin potong rumput juga jangan sampai kehabisan bensin atau bahan bakarnya.
  • Rutin memanaskan mesin potong rumput. Ini juga perlu untuk menghindari mesin macet pada saat digunakan. Mesin yang jarang dipanasi akan mengalami masalah sesekali.
  • Saringan udara diganti secara berkala. Untuk membuat kerja mesin potong rumput tetap bagus, saringan udara harus selalu diganti. Juga pakailah busi yang sesuai dengan kapasitas mesin, pemilihan busi sebaiknya yang berkualitas bagus dan bisa tahan lama.

Kisaran harga rata-rata mesin pemotong rumput

Mesin potong rumput gendong merupakan tipe yang paling populer di Indonesia oleh karena itu dalam artikel ini memiliki tempat khusus untuk dibahas. Banyak orang tentunya ingin memiliki alat potong rumput yang begitu praktis dan fungsional serta perawatannya mudah. Di samping itu, alat potong rumput gendong ini termasuk yang harganya terjangkau.

Seperti disinggung di atas, mesin potong rumput dibagi menjadi tiga jenis secara umum yaitu mesin potong rumput gendong, dorong, dan mobil. Harga mesin potong rumput gendong berkisar pada angka 700 ribu rupiah dan pengoperasiannya sangat mudah, bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Demikian pula peawatannya tidak membutuhkan prosedur yang ribet dan repot.

Beragam pilihan mesin pemotong rumput

Di pasaran saat ini, ada beragam tipe mesin potong rumput gendong dengan harga yang bervariasi. Di antaranya adalah:

  • Mesin potong rumput gendong Briggs & Stratton BP434W dengan harga sekitar 3.3 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput gendong Firman dengan harga sekitar 1,5 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput gendong Rover SL630 dengan harga sekitar 4 jutaan per unit
  • Mesin potong rumput gendong Tabta TBT330 dengan harga sekitar 1.7 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput gendong Tasco dengan harga sekitar 1,3 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput gendong Power Tech 30,5 cc dengan harga sekitar 6.3 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput gendong Tanaka 32.8 cc dengan harga sekitar 3.850 jutaan per unit
  • Mesin potong rumput gendong Tasco Kurin dengan harga sekitar 5 jutaan per unit
  • Mesin potong rumput gendong Tasco CG430 dengan harga sekitar 1,9 jutaan rupiah per unit
  • Masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara itu untuk pemotong rumput dorong contohnya antara lain:

  • Mesin potong rumput dorong Rover Mulch N Catch 1.8 inci dengan harga sekitar 4,3 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput dorong Rover Wheeled String Trimmer dengan harga sekitar 4 jutaan per unit
  • Mesin potong rumput Dorong Tasco RM14 dengan harga sekitar 1,9 jutaan rupiah per unit
  • mesin potong rumput dorong Tasco TLM18E dengan harga sekitar 3 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput dorong Tasco TLM340 dengan harga sekitar 2,1 jutaan rupiah per unit
  • Mesin potong rumput dorong Tasco X-TYG001 dengan harga sekitar 2.4 jutaan rupiah per unit
  • Dan masih banyak lagi.

Memilih mesin pemotong rumput

Secara umum di Indonesia mesin pemotong rumput dibedakan berdasarkan kualitasnya. Produk-produk buatan Jepang semisal Tanaka, Mitsubishi, dan lain-lain tergolong sebagai mesin pemotong rumput papan atas. Kualitasnya sudah tidak usah diragukan lagi. Mesin-mesin dari Jepang, Eropa, atau Amerika terkenal awet dan mampu bekerja dengan sangat baik. Namun demikian, kualitas yang unggul ini juga diikuti dengan harga yang juga mahal.

Sementara itu produk-produk lokal atau impor dari China menempati urutan kedua. Produk-produk ini kualitas bahannya tidak sebagus produk-produk dari Jepang atau Barat akan tetapi keunggulannya adalah pada harga yang murah. Apapun produk mesin pemotong rumput yang Anda miliki hendaknya selalu dijaga dan dirawat sebaik mungkin.

Demikian tadi ulasan tentang mesin pemotong rumput alias lawn mower. Seiring dengan perkembangan teknologi dan masyarakat yang merawat halamannya dengan menanami rumput maka keberadaan alat pemotong rumput ini menjadi hal yang sangat penting. Selain itu, bagi para petani yang ingin menghancurkan gulma demi meningkatkan produktivitas hasil pertanian maka mesin pemotong rumput juga menjadi alat yang dibutuhkan.

Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan via internet dengan mencari kata kunci seperti Best lawn mower 2018 (mesin potong rumput), Harga mesin potong rumput, Mesin rumput, Mesin potong rumput mini, Harga mesin potong rumput gendong bekas, Mesin babat rumput, Mesin potong rumput listrik, Harga pemotong rumput, Harga alat pemotong rumput, Harga mesin babat rumput, Harga mesin potong rumput gendong, Mesin potong rumput murah, Merk mesin potong rumput terbaik, atau Mesin potong rumput terbaik. Mudah-mudahan informasi ini cukup berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama. Amin.

Back to top button
Close